Delapan Kali

Ada yang pernah nyobain wall climbing sampe delapan kali? Kalo buat anak FPTI ini makanan pembuka, tapi buat pemula kaya gue ini bukan hal yang biasa.

Rabu lalu gue dan temen-temen latihan manjat di Pusbintakwa. Janjian jam delapan malem dan baru manjat jam sembilan (biasa, jam karet). Setelah pemanasan, gue bouldering dulu, sok-sok-an nyobain jalur padahal nemplok di wall aja udah syukur. Di wall sebelahnya runner udah kepasang sampe runner ketiga. I tried it. Pake harness, sepatu, chalk bag, bikin simpul, and ready!

Sebelumnya gue udah pernah manjat di wall ini dan cuma sampe tai kebo (salah satu nama point di wall Pusbintakwa, terletak paling ujung, samping runner kedua, entah siapa yang ngasih nama kaya gitu). Target gue kali ini gak muluk-muluk, gue harus bisa nge-hang (ngegantung di wall yang miring 70 derajat, atasnya tai kebo).

First try.. I did it! Gue ngelewatin tai kebo dan selanjutnya senior gue ngasih instruksi dari bawah. Tangan kanan megang tanduk, tangan kiri pindah ke pocket, dan pas mau megang point sayangnya gue gak kuat. Terdengar beberapa sahutan penonton yang kecewa. Tapi gue turun dengan perasaan puas, target gue tercapai. Dan itu justru yang ngebuat gue ketagihan. Rasanya mau nyoba lagi. Ngelewatin point yang lebih tinggi. Menembus batas diri. Memaksimalkan kekuatan. Melawan ketakutan.

Percobaan kedua gue berhasil nyentuh point tempe (lagi, entah siapa yang ngasih nama kaya gitu) sepersekian detik. Gue taruhan sama senior gue. Kalo gue berhasil megang point tempe, dia beliin gue KFC. Yeay, lumayan buat sahur. Hampir tengah malem udah enam kali gue naik dan belum berhasil nyentuh tempe. Sial, padahal tadi bisa. Gue rest sebentar, berdiri, dan siap naik lagi. Belayer gue cuma geleng-geleng ngeliat gue manjat kaya kesetanan hari ini.

Sampe percobaan kedelapan gue belum berhasil nyentuh tempe. Gemes banget. Tapi fisik gue udah lelah. DELAPAN KALI. Entah apa yang ngebuat gue bisa manjat sampe segitu, gue sendiri heran, biasanya tiga kali juga udah hah-heh-hoh dan tangan pegel. Gue lepas simpul, lepas harness, lepas chalk bag, lepas sepatu, dan senior gue cuma ketawa ketiwi ngeliat gue nyerah, haha mungkin belum saatnya. Tapi gue yakin suatu saat gue bisa nyampe tempe, bahkan ngelewatin, atau sekalian nge-lead sampe runner empat. AMIN.

Gunung Hawu, salah satu tempat rock climbing di kawasan Citatah, Bandung

Comments

Popular posts from this blog

Sejuta Pesona Sawarna

Thrilling Geger Bentang

Another Best Escape