Recovery Journey

Tulisan ini sebagai pengingat bahwa selain patah hati karena cinta, gua pernah ngerasa down karena pemulihan pasca-Covid.

Awal Juli, gua dan ortu kena Covid. Waktu itu lagi second wave di Indonesia. Hampir semua faskes penuh. Syukurnya kami cuma gejala ringan, jadi cukup isolasi mandiri (isoman) di rumah selama dua minggu.

Gejala gua saat itu tenggorokan ga enak (tapi ga batuk), pilek ringan (meler ingus cair, bukan kental), anosmia, dan gejala paling aneh buat gua adalah badan lesu. Badan tuh kaya ga ada tenaga sama sekali, tapi anehnya ga ada pusing, panas, ataupun demam. Rasanya kaya ketimpa gajah, jadi maunya nempel kasur aja. I’ve never experienced this before.

Walau bukan gejala berat, gua tetep konsul ke dokter, saat itu via aplikasi Halodoc. Kata dokter, kondisi gua masih oke, jadi belum perlu obat. Resep yang dikasih pun mostly vitamin, cuma ada satu obat buat pileknya.

Selama isoman, gua off lari dulu. Olahraga gua cuma yoga ringan 20-30 menit tiap sore. Setelah dua minggu, gua tes PCR lagi dan hamdalah udah negatif. Tiga hari kemudian LANGSUNG GAS JOGGING. Rasanya pengen cepet cepet olahraga biar balik fit lagi.

Of course, I was totally wrong. Pas jogging pertama, badan terasa berat, nafas juga belum enak. Setelah dua putaran, gua berhenti dan lanjut jalan kaki. Badan kaya gendong tuyul. Beraaat. Dan waktu itu gua ngerasa sedih, kok ga bisa lari kaya dulu, kok badan rasanya aneh. Tapi ya namanya juga baru sembuh, pasti badan butuh adaptasi dan bertahap.

Kesedihan ini terus berlanjut, rasanya down banget, sampe mau cari psikolog saking ngerasa sedihnya. Gua ga nyangka fase pemulihan ini bakal jadi fase terberat. Konteks pemulihan di sini adalah ngembaliin fitness level ke kondisi sebelum kena Covid. Kalo buat aktivitas sehari-hari selain olahraga, udah balik normal.

Akhir Juli, gua sempet ke dokter THT karena radang, terus gua sekalian tanya-tanya tentang Covid. Dokter bilang, “Covid itu jahat, sel-sel di organ kita itu hancur, jadi butuh waktu buat rebuild, nah kamu kalo mau mulai olahraga, pelan-pelan dulu, misal jalan satu kilo dulu, trus minggu depan tambah lagi.”

Dari situ gua sadar dan ngubah total menu olahraga. Gua ga bisa langsung gaspol, jadi gua akan mulai dari jalan kaki :’) Mungkin kedengeran sepele ya. Tapi jujur, buat orang yang terbiasa aktif, lari 3-4 kali seminggu, trus tiba-tiba mulai dari nol lagi, itu bener-bener sulit. Ada rasa ketinggalan. Apalagi kalo buka Strava. HAHAHA. (Ryu knows this feeling so well)

Sambil susun menu olahraga, gua sambil cari studi tentang Covid dan olahraga, dan memang belum banyak referensinya, jadi gua kesulitan ngumpulin info buat nentuin menu latihan yang tepat. Akhirnya gua cuma berbekal pengetahuan yang gua punya dan wejangan dari dokter THT. Perlu diingat bahwa nyusun menu latihan ini sifatnya personal dan balik ke preferensi/gaya masing-masing. Kalo gua lebih suka gaya “Start it slow”. Pelan dan perlahan. Jadi gua mulai dari jalan kaki. JALAN KAKI.

Ini menu gua saat pemulihan. Semuanya dilakuin 3x dalam seminggu.

Minggu 1: Jalan kaki 3 km
Minggu 2: Jalan kaki 4 km
Minggu 3: Jalan kaki 5 km
Minggu 4: Lari santai 3 km, ga boleh lebih dari pace 9
Minggu 5: Lari santai 4 km, ga boleh lebih dari pace 9
Minggu 6: Lari santai 5 km, ga boleh lebih dari pace 9

Kenapa ga boleh lebih dari pace 9? Ini batasan gua pribadi buat tubuh gua. Karena gua mau tubuh gua adaptasi secara pelan-pelan, biar organ-organnya ga kaget. Dan kalo kata tante Emily sih, pola kaya gini lebih sustainable. Tapi balik lagi ke preferensi masing-masing ya. Ada temen yang abis Covid langsung lari pace cheetah. Oke oke aja asal sanggup. Ga ada aturan mutlak. Yang perlu diingat, listen to your body and do what feels good for you :)

Semua menu di atas gua jalanin tanpa ada yang bolong. Dan gua bangga banget sama diri gua, gua bisa ngelewatin ini. Setelah minggu 6, badan gua terasa lebih baik, pace pun mulai gua tambah.

Perjalanan ini bener-bener ngasih pelajaran berharga bahwa semua dimulai dari nol ya, bun! Hahaha, ga deng, the lesson is sometimes it's ok to stop for awhile and do restart, just don’t give up!

This post appeared at a moment when I needed it the most. Thanks, Tante Emily.



Comments

Popular posts from this blog

Sejuta Pesona Sawarna

Thrilling Geger Bentang

Another Best Escape