Mount Gede Part II

Sabtu, 27 Desember 2008
Jam menunjukkan pukul 4 pagi. Saatnya gue bersama pasukan mini ngumpulin arwah (baca: bangun tidur) dan siap-siap ngelanjutin perjalanan menuju puncak gunung. Istirahat selama kurang lebih lima jam masih kurang cukup buat gue. Badan gue masih capek banget berasa ditimpa kasur dan ga yakin punya cukup tenaga buat hiking sampe puncak. Awalnya gue mau nyerah aja, gue udah bersyukur bisa sampe sini (Kandang Badak). Tapi bokap gue lagi-lagi nyemangatin gue: “Adek pasti bisa. Buat apa jauh-jauh kesini kalo ga berhasil sampe puncak? Perjalanannya tinggal dikit lagi kok. Ga sampe dua jam Insya Allah kita udah diatas.” Denger bokap nyemangatin dengan berapi-api gitu gue jadi semangat lagi dan lagi. Thanks, Dad.

Gue lempar pandangan ke sekitar tempat gue nge-camp. Gelap. Sepi. Dingin. Itu semua berhasil bikin gue takut, bener-bener takut. Gimana kalo gue tiba-tiba nyasar? Gimana kalo gue nge-drop di tengah hutan gini? Gimana kalo gue ga berhasil sampe puncak karena keabisan tenaga? Gue tarik napas, hembusin perlahan, terus berdoa. Gue buka memori gue dan gue simpen tiga hal disitu: 1. Gue udah sampe sini. 2. Gue ga boleh nyerah. 3. So, gue harus sampe puncak! Anyway, ada satu hal yang bikin gue merinding di perjalanan menuju puncak kali ini: kami sholat shubuh di tengah hutan (karena ngejar sunrise). I will never forget this, the feelings of tired, fear, and touched while Shubuh praying in the middle of wood.

Perjalanan menuju puncak bener-bener nguras tenaga gue walaupun kali ini ga bawa carrier (ditinggal di tenda). Kalo perjalanan dari Cibodas sampe Kandang Badak bokap yang lebih sering minta break, sekarang gantian gue yang sering minta break. Persis kaya lagunya 7Icons: Gak gak gak gak kuat. Tapi gue inget-inget tiga hal yang udah gue tanem di memori gue. Bismillah... Dengan semangat menggebu walau tampang udah melas karena kecapean, gue fokuskan diri dengan sisa-sisa tenaga dan pikiran yang ada.

Yang gue tau cuma jalan, jalan, dan jalan. Gue ga mikirin apapun selain tetep jalan dan jalan terus buat menggapai puncak. Setelah kurang lebih satu kilometer berjalan menanjak, let’s give a welcome to Tanjakan Setan. Yeaaah! Ini bagian yang seru dan gue tunggu-tunggu. Tanjakan setan itu tebing dengan kemiringan sekitar 60° dan tinggi sekitar sepuluh meter. How could we climb through it without any safety? Tenang, di bagian tengah tebing dari bawah sampe atas tertancap tiang dengan tali yang menjuntai sebagai pegangan. Oke, semuanya bergantung pada tali ini, kepleset dikit bisa fatal akibatnya. Dan perasaan setelah melalui Tanjakan Setan feels like I got the first rank in the class. Fiuuuh.

Semakin ke atas semakin terang. Pepohonan semakin rendah. Lumut semakin banyak. Langit seperti dalam genggaman. Bau belerang semakin tercium. Oksigen semakin tipis. Bener-bener mau nyerah rasanya tapi mang Indra berkali-kali bilang “Tinggal dikit lagi, Neng.” Dan ternyata benar, beberapa pepohonan yang ujungnya saling bertemu seperti membentuk sebuah lorong seakan nyambut gue dan pasukan mini di puncak, tepat jam 6 pagi.
GUE DI PUNCAK!
GUE DAN PASUKAN MINI BERHASIL MENGINJAKKAN KAKI DI PUNCAK!
KAMI BERHASIL!
ALHAMDULILLAHIRABBIL’ALAMIN...
THANKS SO MUCH YA RABB :D

Also big thanks to my dad, my bro, A’Ardi, ka Yuga, and mang Indra. You’re cool! Perjalanan gue yang luar biasa karena lagi badai pun terbayar. Semua lelah seakan sirna dan berganti menjadi kepuasan dan kebanggan yang tak tergantikan. Gue dan bokap refleks berpelukan sambil loncat-loncat. Orang-orang yang ada di puncak pun heran ngeliatin kita berdua yang mirip teletubbies sedang berpelukan. Tapi gue lebih heran ngeliat kakak gue yang langsung buka baju di tengah badai gini yang pastinya bikin udara di puncak gunung dingin maksimal dan langsung berdiri ngebentangin tangan di batu yang paling ujung mirip adegan film Titanic (ternyata dia nadzar buka baju kalo sampe puncak).

Gue edarkan pandangan ke sekitar. Mengamati seksama suasana puncak. Merasakan perlahan euforia-nya. Mengucap syukur yang tiada henti. Hemm I forgot something. Gue mendaki saat akhir tahun yang mana sedang musim hujan yang mana cuaca di gunung sedang badai yang mana dari puncak gunung ga keliatan apa-apa selain kabut yang mana pada akhirnya gue ga bisa liat sunrise. But, I was still really grateful for everything. Bisa sampe puncak gunung aja gue udah bersyukur banget banget banget. Gue ga nyangka gue berhasil sampe sini. Menggapai puncak yang tadinya hanya ada di angan-angan karena sebelumnya gue hampir give up gara-gara tenaga terkuras abis. But, here I am... Standing in the top of Mount Gede... in 2958 meters height... With people that I love...

Sejauh mata memandang yang gue liat cuma kabut putih lembut yang melingkupi sekitar puncak dan beberapa tenda yang berdiri disitu. Wow ada ya orang yang nge-camp di puncak. Perlu gue tekankan sekali lagi, nge-camp di PUNCAK. Couldn’t imagine that. Kandang Badak aja udah cukup ngebuat gue menggigil. Sementara gue mengedarkan pandangan seluas-luasnya menikmati pemandangan dari puncak gunung, samar-samar gue ngedenger: “Nasi uduk. Nasi uduk. Cuma dua ribu. Masih anget.”
Hah? Nasi uduk? Gue ga salah denger kan? Ada yang jualan di puncak gunung kaya gini? Gue tengok ke samping ke sumber suara dan... Yak, seorang bapak bapak membawa tas daypack berisi nasi uduk sedang menjajakan dagangannya, mencoba mencari rezeki di tempat yang tidak biasa. Gaul banget euy puncak gunung hare gene. A’Ardi dan ka Yuga lagi foto-foto, kakak gue masih dalam pose Titanic, jadinya bokap beli nasi uduk dua bungkus buat beliau dan gue karena kita udah kelaperan. Bokap makan lahap banget dan dalam sekejap langsung abis. Sedangkan nasi uduk gue masih terbungkus rapi pada tempatnya. Tangan gue berasa beku dan ga sanggup buat nyuap nasi ke mulut. Bokap pun datang bagaikan hero, ngambil nasi uduk gue, ngebuka bungkusnya, ngambil sesuap pake tangan, dan ngejulurin ke mulut gue. Tadaaa... Gue disuapin bokap! Hahaha... What a shame! Kita berdua cuma bisa ketawa-ketawa. Gue malu banget sama orang-orang yang ada di sekitar situ tapi gue pasang mutem (muka tembok). Sabodo teuing lah gue udah kelaperan dan tangan gue susah gerak karena dingin yang nusuk banget. Thanks again, Dad :)

Kalo untuk mendaki ke puncak makan waktu sekitar dua jam dari Kandang Badak, untuk turunnya cuma ngabisin waktu sekitar 1,5 jam. Sesampainya kembali di tenda, ka Yuga langsung buka peralatan masak. Menu sarapan kita di pagi yang indah ini adalah Internet alias Indomie Telur Kornet. Yihaaa I really like that. Anyway, gue suka heran deh. Di peraturan sebelum mendaki ada larangan membawa bahan kimia kaya sabun, sampo, pasta gigi, dll, karena bisa mencemari lingkungan, tapi pagi-pagi gue udah liat beberapa orang dengan santainya cuci muka dan gosok gigi di aliran air dekat tenda gue berdiri. Errrh.

“Dek, semalem pipis dimana?” tanya ka Yuga sambil ngeberesin peralatan masak.
“Disitu.” jawab gue sambil nunjuk sebidang tanah samping tenda bekas kita masak buat sarapan.
“Hah? Disini?” tanya ka Yuga mastiin kalo tempat gue pipis adalah tanah dimana kita masak buat sarapan.
“Iya. Hehehe.” jawab gue sambil nyengir, dalam hati malu.
“Pantes ya tadi masakannya ada bau-bau asingnya gitu.” canda ka Yuga.
“Udah gue siram, Ka. -_____-”

Setelah sarapan yang dilanjutkan dengan packing, kami turun gunung yang makan waktu sekitar lima jam (lebih cepet daripada perjalanan naik). Pas turun gunung tuh meluncur kaya lagi main ski, ditambah medan yang licin karena hujan yang masih setia menemani kami dalam perjalanan turun gunung. Jangan kira turun gunung ga capek, emang ga secapek pas naik tapi perjalanan turun itu berasa banget pegelnya di ujung dan telapak kaki, berasa pengen nyopot kaki trus ganti sama kaki cadangan untuk sementara waktu. Akumulasi lelah dari perjalanan ke Kandang Badak, dilanjutkan menuju puncak, lalu sekarang turun gunung terasa banget di badan gue. Walaupun udah jalan cukup jauh, gue ngerasa perjalanan turun lebih panjang daripada perjalanan naik.

“Pak, masih jauh ga?” tanya gue ke bokap
“Engga, Dek, bentar lagi kita sampe.” ka Yuga yang ngejawab.
Okay, keep on focus, keep walking, and keep dzikir. Entah apakah orang lain ngerasa kalo daritadi ga nyampe-nyampe atau cuma gue aja yang ngerasa. Gue pun gelisah karena udah lama banget jalan nurunin gunung tapi belum sampe juga di Cibodas, tempat awal start mendaki.
“Pak, kok ga nyampe-nyampe sih?”
“Sabar, Dek, bentar lagi juga sampe.” lagi-lagi ka Yuga yang ngejawab, seakan nenangin gue yang baru pertama nurunin gunung.
Pertanyaan yang sama berulang kali gue lontarkan ke bokap dan ka Yuga dan jawabannya pun tetep sama: bentar lagi sampe. Tapi nyatanya gue masih aja di tengah-tengah hutan belantara. Saat itu pun gue ngerasa sebel. Muka gue udah asem sekecut ketek. Alhasil, gue jadi sering ngeluh selama perjalanan turun mempertanyakan kenapa ga sampe-sampe. Dan... Betapa bahagianya gue pas ngeliat pos penjaga, tinggal belok dikit terus sampe deh di TNGGP. Fiuuuh finally...

Sambil santai sejenak di TNGGP gue sadar satu hal kenapa perjalanan gue terasa jauh dan lama banget: gue ngeluh sepanjang perjalanan. Gue lagi ada di alam dan ga seharusnya gue kaya gitu. Alam akan mengembalikan apa yang kau perbuat. Dan gue ngerasain itu sendiri. Perjalanan gue terasa panjang, lama, dan melelahkan karena yang gue lakuin cuma ngeluh dan ngeluh sepanjang perjalanan. This precious experience taught me something: do not grumbling when you’re tired of what you do, just keep praying and stay focus on your way.

Walaupun ini bukan perjalanan pertama gue naik gunung, gue baru ngerasa “naik gunung”nya disini. Pas pertama-tama mendaki gue emang ngerasa capek banget dan itu bikin gue berkali-kali ngomong dalam hati bahwa gue ga akan naik gunung lagi. Tapi, kenyataan berkata lain. Rasa penasaran gue akan keindahan alam yang ada di dunia ini bikin gue pengen naik gunung lagi dan lagi. Dan sampai saat ini cuma gunung satu-satunya tempat yang “gue banget” buat menentramkan pikiran, mendamaikan jiwa, dan menenangkan hati :)

-Tamat-

Comments

Popular posts from this blog

Sejuta Pesona Sawarna

Another Best Escape

Bubur Sumsum